Sabtu, 17 November 2012

Pengertian Internet

Pengertian Internet



Internet merupakan  singkatan dari Interconnection Networking. Internet berasal dari bahasa latin “inter” yang berarti antara. Secara kata perkata INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung, sehingga kesimpulan dari defenisi internet ialah merupakan hubungan antara berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol)  pengertian tersebut dijelaskan menurut pendapat Supriyanto.

           
Internet adalah sebuah sistem jaringan komputer global yang saling berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan usaha swasta, masyarakat, akademis, dan pemerintah lokal untuk jaringan lingkup global yang dihubungkan oleh serangkaian luas teknologi jaringan elektronik dan optik. Internet membawa array yang luas dari sumber informasi dan jasa, terutama dokumen-dokumen hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung surat elektronik.

Kebanyakan media komunikasi tradisional, seperti telepon dan televisi, mengubah bentuk maupun didefinisikan ulang dengan menggunakan teknologi Internet, sehingga menimbulkan berbagai layanan seperti Voice over Internet Protocol (VoIP) dan IPTV. Penerbitan surat kabar telah mengubah wajah ke situs Web, blog, dan web feed. Internet telah diaktifkan atau mempercepat penciptaan bentuk-bentuk baru interaksi manusia melalui pesan instan, Internet forum, dan situs jaringan sosial.Asal-usul Internet mencapai kembali ke penelitian pada tahun 1960-an, baik ditugaskan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk mengembangkan proyek-proyek dari badan-badan militer untuk membangun kuat, kesalahan-toleran, dan jaringan komputer terdistribusi serta penelitian swasta. Penelitian ini dan periode pendanaan sipil tulang punggung US baru oleh National Science Foundation, serta pendanaan swasta untuk tulang punggung komersial melahirkan partisipasi seluruh dunia dalam pengembangan teknologi jaringan baru dan menyebabkan banyak penggabungan jaringan. Komersialisasi jaringan internasional di pertengahan tahun 1990-an, mengakibatkan mempopulerkan berikut aplikasi yang tak terhitung jumlahnya di hampir setiap aspek kehidupan manusia modern. Pada 2009, sebuah kuartal diperkirakan penduduk bumi menggunakan layanan dari Internet.

Hingga saat ini belum ada kesepakatan mengenai pengertian internet. Hal ini terjadi karena internet merupakan sesuatu yang sangat kompleks. Terlebih internet merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang sangat cepat berubah. Oleh karena itu kami mengambil pengertian internet dari beberapa buku yang menjadi referensi kami. Berikut beberapa pengertian internet tersebut.

           
Pendapat Ellsworth mengatakan bahwa Internet adalah sebuah jaringan besar yang dibentuk oleh interkoneksi jaringan komputer tunggal diseluruh dunia, lewat saluran telepon, satelit, dan sistem telekomunikasi lainnya.

            Sedangkan menurut Turban Internet adalah sistem jaringan komputer dan jaringan dari banyak jaringan yang meliputi seluruh dunia. Internet bersifat publik, kooperatif, dan mandiri yang memfasilitasi akses ke ratusan atau jutaan manusia di seluruh dunia.

Menurut Harjono menerangkan secara sederhana bahwasanya Internet dapat diartikan kumpulan dari beberapa komputer, bahkan jutaan komputer diseluruh dunia yang saling berhubungan atau terkoneksi satu sama lainnya. Media yang digunakan bisa menggunakan kabel/serat optic, satelit atau melalui sambungan telepon. Sehingga pendapat ini bisa di tarik kesimpulan bahwa bahwa internet merupakan media komunikasi dan informasi modern yang dapat dimanfaatkan secara global oleh pengguna diseluruh dunia dalam interkoneksi antar jaringan komputer yang terbentuk melalui sarana berupa penyedia akses (provider) internet, sehingga internet sebagai media informasi dapat menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk melakukan pertukaran dan penyebaran informasi tanpa terhalang oleh jarak, perbedaan waktu dan juga faktor geografis bagi seseorang yang ingin mengakses informasi.

Berikut adalah contoh diagram atau rangkaian sederhana jaringan internet :


Dari gambar di atas, internet bisa di artikan sebagai penghubung dari bebagai unit komputer yang salang berhubungan. Sehingga bisa berbagi informasi dan data data digital dengan mudah dan simple.

            Sehingga dapat di ambil kesimpulan dari beberapa pendapat lainnya, bahwa internet dapat di artikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu Negara ke nagara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai setatis hingga yang dinamis dan interaktif. Jaringan inetrnet sangat memberikan keuntungan yang bergam dimana dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk membantu kegiatan berbagai aspek kehidupan. Keuntungan lain yang diberikan jaringan internet, sehingga membuat internet diminati yaitu internet dapat digunakan sebagai media konfrensi dimana sejumlah orang dapat melakukan diskusi tanpa harus bertatap muka secara langsung satu dengan lainnya.

SEJARAH INTERNET

Sejarah internet bermula pada tahun 1969 ketika dibangun riset APRAnet yang dipelopori oleh DARPA (Defense Advance Research Projects Egency). Riset ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bekerja sama dengan empat universitas, yaitu UCLA, Stanford Research Institued, UCSB dan University of Utah yang komputer servernya berada di UCLA. Tujuan pertama riset ini difokuskan pada keperluan militer Amerika Serikat. Dan pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang bergabung dan membentuk jaringan.

Di tahun 1972, Roy Tomlinson menyempurnakan program  e-mail yang diciptakan untuk APRAnet. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973 APRAnet mulai berkembang diluar AS dan komputer  University College di London adalah merupakan komputer pertama yang bergabung pada jaringan APRAnet. Di tahun yang sama dua orang ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan ide mereka tentang internet di University Sussex.  Setahun setelah peristiwa keberhasilan Ratu Inggris mengirimkan e-mail, maka lebih dari 100 komputer bergabung di APRAnet membentuk sebuah jaringan atau network. Tahun 1979, Tom Triscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan newsgroup pertama dengan nama USEnet. Kemudian tahun 1981, France Telecom berhasil menciptakan telepon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.

 Seiring perkembangannya, tahun 1982 DCA (Defense Communication Agency) bekerja sama dengan DARPA berhasil menciptakan TCP (Transmission Control Protocol)dan IP  (Internet Protocol) untuk digunakan sebagai protokol utama pada ARPAnet. Kemudian pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama  domain untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer. Dan perkembangan jaringan komputer bertambah menjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen yang berasal dari Finlandia memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Setahun kemudian tepatnya tahun 1987 tak kurang dari 100.000 komputer bergabung dan membentuk jaringan.

Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut WWW, atau World Wide Web.  Pada tahun ini pula internet diperkenalkan secara komersial kepada publik sehingga perkembangannya menjadi seperti saat sekarang ini.

WWW adalah sebuah penemuan fundamental dalam perkembangan internet, dengan WWW kita semua dapat berbagi informasi berupa teks, gambar, suara, video, atau dalam bentuk multimedia lainnya antar sesama komputer diseluruh dunia yang terhubung dengan internet. Baru pada tahun 1992 muncullah istilah–istilah lainnya seperti  surfing the internet,  virtual shopping atau  e-retail dan kemudian ditahun yang sama didirikan juga yahoo dan Netscape Navigator.




APLIKASI INTERNET

            Berbagai Aplikasi Internet saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak sekali dan akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi informasi, Aplikasi apalikasi internet kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti dibidang akademik, militer, medis, periklanan dan berbagai sektor industri, dari sekian banyak aplikasi diinternet yang ada saat ini paling banyak dikenal dan lebih sering digunakan adalah Word Wide Web atau www, Email atau Mailing, FTP, Goper dan Ping, newsgrup dan internet relai dan masih banyak lagi apliksi internet terbaru berikut contoh aplikasi internet :


Berbagai Aplikasi Internet

Word Wide Web

            Word Wide Web atau www merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting, apliksi www dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal www adalah dokumen dokumen yang disimpan diserver server yang terdapat diseluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dalam format hypertext dan hipermedia yaitu Hipertex Markup Lenguage atau HTML Html mempunyai kemampuan untuk menghubungkan link sebuah dokumen dengan dokumen lain, dan dapat memuat berupa text gambar maupun 
Video.

Electornik Mail (E-MAIL)

            E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet sarana komunikasi surat menyurat dlam bentuk elektronik, mengirim dan menerima sama persis dengan mengirimkan surat biasa, kita dapat bercinta mengirimkan pesan atau apa saja, kita pun dapat mengirimkan file dukumen dan gambar. Email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.

Internet Relai Chat

            IRC adalah aplikasi iternet yang digunakan untuk bercakap cakap diinternet seperti di facebook dan media sosil lainya, Istilah chating dilakukan dengan cara mengetikkan apa yang ingin kita katakan kepada teman, saya kira saya gak perlu menjelaskan secara detail mengenai Chating karna saya yakin anda sudah mahir dalam Hal ini.

File Transfer Procontol

            File Transfer Procontol lebih sering disingkat FTP adalah 
apliksi internet yang digunakan untuk mengirimkan file atau mengabil file dari komputer lain FTP sangatlah memungkinkan mengirim dan menerima file lebih cepat, FTP sering digunakan untuk mencari atau mendownload dari sebuah server internet yang dapat digunakan oleh penguna internet diseluh pelosok dunia.



Ping

            Ping adalah singkatan dari Paket Internet Ghoper ping digunakan untuk mengetahui apakah komputeryang kita gunakan terhubung dengan internet pengecekan hubungan dilakukan dengan cara mengirimkan sebuah file dari apliksi apliksi yang ada diinternet keuntungan dari penggunaan PING ini adalah menghemat waktu dan biaya seperti biayak kertas dan distribusi misalnya koran daerah yang dapat dicetak didaerah lain.

Telnet
            Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer tersebut.

Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang didapat hanya terbatas pada teks saja.

 Facebook
 Aplikasi internet yang berguna untuk menghubungkan satu orang dengan orang lainnya dengan mudah. Kita tinggal memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan orang yang kita cari, misalkan  saja namanya. Akan  mencarikannya dengan cepat, bila anda memasukkan datanya dengan tepat.

Yahoo.messanger

            Yahoo! Messenger atau sering disebuut YM. Merupakan aplikasi milik situs www.yahoo.com yang fokus pada komunikasi antar pengguna internet. YM dpt  digunakan untuk mengirimkan pesan singkat ke teman kita di seluruh dunia melalui internet.Chatting dengan teman kita, Bahkan untuk versi terbarunya dapat digunakan sebagai alat komunikasi telepon ke seluruh dunia melalui teknologi voip. Yahoo Mesenger bisa disebut versi compact nya situs Yahoo! sendiri. Karena dalam YM terdapat kolom-kolom yang berisi berita atau artikel apapun yang ada di situs induknya.

Searching Engine Google

            Bila dilihat dari segi manfaat, seharusnya aplikasi Google berada diurutan teratas di Polling manapun , atau data statistik manapun. Karena memang manfaat Google sangatlah besar di internet. Aplikasi Internet sebagai mesin pencari (searching engine) terkemuka di dunia, mengalahkan Yahoo,MSN, Bing dll. Dengan hanya mengetikkan kata kunci sesuai apa yang kita cari, Google langsung bekerja mencari keyword tersebut diseluruh belahan dunia internet.  Dan banyak lagi aplikasi internet yang tak di sebutkan.



Referensi :

·         Buku Paket TIK Kelas X Penerbit Widya Utama
·         Buku paket TIK Kelas XI & XII Penerbit Erlangga
·         www.wikipedia.com
·         www.scribd.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar